PENTINGNYA DOA DALAM KEHIDUPAN ORANG PERCAYA

18050-gettyimages-1194042218

Ditulis oleh : Ev. Irwan Lombu, S.Th.

.

.

Nats Firman Tuhan : Tetaplah Berdoa (1 Tes 5:17)

.

.

….. Doa menjadi bagian terpenting dalam kehidupan kekristenan dan setiap orang Kristen Pasti pernah berdoa. Dari kecil saya diajarkan oleh orang tua untuk berdoa, baik sebelum makan, bangun tidur dan sebelum tidur. Dalam ibadah sekolah minggu juga saya diajarkan oleh guru-guru sekolah minggu untuk berdoa.

.

.

….. Ketika saya kuliah Teologi ada salah satu mata kuliah di semester 4 yaitu Teologi Sistematika Mata kuliah ini membahas tentag sifat-sifat Allah, salah satu dari sifat Allah adalah Maha Tahu. Pembahasan tentang Allah Maha Tahu ini memunculkan pertanyaan penting dalam diri saya yaitu Jika Allah Maha Tahu, lalu kenapa kita harus Berdoa? Pertanyaan ini didukung dengan Ayat Alkitab Matius 6:8 “Jadi jangan kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan,sebelum kamu memintanya”. Lalu jika demikian, kenapa Rasul Paulus dalam 1 Tesalonika 5:17 mengajarkan supaya Tetaplah berdoa?.

.

.

  1. Doa Adalah Perintah Allah Yang Harus Di Lakukan.
    .
    …..Kata Tetaplah berasal dari kata Yunani adialeipto Artinya selalu, Senantiasa, tidak putus-putusnyadan ini adalah kata perintah artinya harus dilakukan. Beberapa kali Yesus menggunakan kata “Berdoalah” dalam pengajaran-Nya yang merupakan kata perintah (Matius 5:44, 6:6, 6:9, 26:41, Lukas 22:46 dll). Subjek utama doa adalah Allah. Jadi ketika kita berdoa itu merupakan bukti ketaatan kita kepada perintah Allah dan sebaliknya jika kita tidak mau berdoa maka kita sedang melanggar printah Allah.
    .
  2. Yesus Sendiri Berdoa dan Mengajarkan Tentang Doa.
    .
    …..Jika kita lihat dalam Perjalanan Pelayanan Tuhan Yesus ada banyak momen Yesus berdoa (Baca. Matius 26:36,39, 44, Markus1:35, 6:46 dll), doa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus yang sangat Femiliar dalam hidup orang Kristen yang dikenal dengan “Doa Bapa Kami”. Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita bahwa Doa itu sangatlah Penting dalam kehidupan dan hubungan kita dengan Allah.
    .
  3. Doa Bukan hannya sekedar Permohonan, Tetapi doa juga adalah Ibadah.
    .
    ….. Banyak orang memahami doa hanya sekedar menyampaikan apa yang kita mau kepada Allah. Berdoa berasal dari kata Yunani proseucesye Artinya berdoa, bersembahyang/Ibadah. Dengan Kasus ( Kala-kini) artinya harus dilakukan sekarang dan terus menerus!. Maka di dalam doa bukan hanya sekedar menyampaikan permohonan-permohonan tetapi di dalamnya juga ada ucapan syukur, pengakuan dosa dengan sikap ibadah yang benar dihadapan Allah. Artinya sifat Allah Maha Tahu dalam Matius 6:8 tidak mengisyratkan untuk tidak berdoa, Bapa Memang Tahu apa yang kita butuhkan tetapi sebagai seorang anak juga kita wajib meminta dan berterimakasih kepada-Nya layaknya hubungan anak dan seorang bapak.
    .
  4. .Doa adalah Nafas dan Alat Komunikasi dengan Allah.
    .
    …..Ketika seseorang berhenti berdoa sama halnya ia berhenti bernafas artinya ia mati secara rohani. Doa menjadi alat komunikasi kita dengan Allah untuk menyampaikan ucapan syukur dan permohonan-permohonan kita kepada-Nya. Dengan doa kita tidak hanya menuntut Allah memahami apa yang kita mau, tetapi kita minta tuntunan Allah agar kita mengerti apa yang Ia kehendaki.
    .
  5. .Fakta Kuasa Doa
  • Melalui Doa Mendatangkan Mukzijat (1 Raj. 17-18, Kis 12:5)
  • Doa Menjadi Kekuatan dalam Pergumulan Berat (Matius 26:29)
  • Melalui Doa Penyakit di sembuhkan (Yakobus 15:16a)
  • Melalui Doa Kita dapat menghadapi Kuasa Iblis (Matius 14:23)

.

…..Doa adalah aspek yang sangat penting dalam hidup orang Kristen, menjadi bukti ketaatan dan kerendahan hati kepada Allah. Maka Sebagai orang Percaya kita harus “TETAPLAH BERDOA” sampai kapan? Sampai akhir hidup.

.

Tuhan Yesus Memberkati

.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

33 tanggapan untuk “PENTINGNYA DOA DALAM KEHIDUPAN ORANG PERCAYA”

Komentar ditutup.

Perjuangan Mengasihi

Ditulis Oleh : Pdt. Joni, S.Th. . .Pembacaan Alkitab : Amsal 14:21-35 . . Mengasihi sesama bukanlah perkara mudah. Sering kali kita terjebak oleh berbagai

Read More »